Kamis, 28 Februari 2013

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


Dalam kehidupan keseharian, kita sering berhadapan dengan produk-produk yang interaktive : handphone, komputer, televisi, mesin ATM, web, mesin fotokopi dan masih banyak lagi. Pernahkah kita memikirkan seberapa bergantungnya kita terhadap produkproduk tersebut? Ketika menggunakannya, pernahkah kita memikirkan aspek kegunaan, kemudahan, kenyamanan dan keamanannya? Pada tahun 1950-an sampai 1970-an, orang tidak terlalu memperhatikan kesulitan dalam pemakaian komputer, karena pada saat itu komputer hanya dipakai oleh para ahli komputer. Tetapi pada masa sekarang, komputer sudah dipakai pada hampir semua aspek kehidupan. Dalam era teknologi informasi saat ini, manusia mempunyai ketergantungan yang semakin tinggi terhadap berbagai produk tersebut.

Semakin meningkat dan kompleksnya penggunaan produk-produk interaktive menyebabkan munculnya kebutuhan akan interface (antar muka) yang mudah dipakai, sederhana, efektif dan efisien. Pertanyaan ”Apakah sistem komputer anda memiliki interface yang user friendly? ” menjadi penting untuk dipertimbangkan dalam mendesain suatu sistem. Jika produk-produk tersebut memerlukan prosedur yang rumit ketika digunakan, bisakah anda membayangkan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk mengoperasikannya? Penelitian tentang interaksi manusia dan komputer telah mengubah arah komputasi secara mendasar.

Salah satu contoh kesuksesan penelitian tentang interaksi manusia dan komputer adalah grafik interface yang digunakan pada Microsoft Windows, yang dipakai diberbagai belahan dunia sampai saat ini. Grafik interface ini dikembangkan dari Xerox PARC, yang mulanya merupakan salah satu penelitian di Stanford Research Laboratory dan Massachusetts Institute of Technology. Selain itu, perkembangan WorldA-Wide- Web yang sangat pesat merupakan akibat langsung dari penelitian interaksi manusia dan komputer yaitu : aplikasi teknologi hypertext yang memungkinkan seseorang melintasi batas-batas regional dengan menggunakan mouse. Interaksi manusia dan komputer secara umum adalah bidang studi yang mempelajari manusia, teknologi komputer dan interaksi dari kedua belah pihak. Interaksi manusia dan komputer bisa didefinisikan sebagai ‘disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.’ (ACM SIGCHI,1992,p.6) Pada saat ini jenis interaksi yang banyak digunakan adalah interaksi dasar seperti : manipulasi secara langsung, penggunaan mouse pointing, windows, text editing dan fasilitas menggambar. 

Dimasa yang akan datang pemakaian aplikasi lain seperti pengenalan gerak isyarat, multimedia dan 3 dimensi akan semakin banyak digunakan sebagai sarana interaksi antara manusia dan komputer. Penelitian tentang interaksi manusia dan komputer dilakukan baik di kalangan universitas maupun industri.

Konsep user interface yang baik penting untuk semua jenis sistem, misalnya :
monitoring proses industri, navigasi, e-commerce, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan lain-lain. Interface yang baik sangat membantu dalam penggunaan dan pemanfaatan suatu sistem. Seringkali kecepatan, keamanan, dan bahkan kahandalan sistem sangat tergantung pada interface yang baik. Interaksi manusia dan komputer mempelajari bagaimana mendesain interface yang baik dan bagaimana suatu interface dikatakan baik. Dalam mendesain interface, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Setiap aplikasi memiliki keunikan
  2. Pengguna komputer memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda
  3. Desainer memiliki sudut pandang yang berbeda dengan penggunanya sehingga seringkali tidak  memahami betul apa yang dibutuhkan pengguna.
  4. Pengguna akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam memanfaatkan sistem
  5. Komputer, bukan desainernya.
  6. Sistem komputer dinilai dari user interfcenya.
  7. Pada umumnya user interface menghabiskan 50%-80% bagian dari application code.

Perkembangan teknologi komputer turut berpengaruh dalam pemakaian Komputer. itu sendiri yang pada akhirnya mempengaruhi perkembangan desain interface suatu sistem komputer sehingga bisa memaksimalkan fungsinya untuk user. 

Metode interaksi yang ada pada komputer dapat di kelompokkan menjadi :
1. interaksi dasar
  • Manipulasi langsung objek grafik : manipulasi langsung dengan mengubah objek menggunakan pointer. Pertama kali di demonstrasikan oleh Ivan Sutherland (1963).
  • Mouse : mouse pada awalnya dikembangkan di laboratorium Stanford pada tahun 1965 sebagai bagian dari proyek NLS untuk menggantikan light-pen. Pada tahun 1968, Ken Pulfer dan Grant Bechthold membuat rangka mouse dari kayu dan menggunakannya untuk membuat animasi dengan membuat semua frame filmnya.
  • Windows : multiple windows didemonstrasikandi Engelbart’s NLS tahun 1968.


2. tipe aplikasi
  • program menggambar : sebagian besar program menggambar yang ada sekarang ini merupakan pengembangan program menggambar (Sketchpad) yang didemonstrasikan di Sutherland pada tahun1963. Sketchpad menggunakan lightpen untuk menggambar objek.
  • Teks editor : program teks editor pada awalnya dikembangkan di Stanford Research Lab pada tahun 1963. program ini mampu mencari dan menggantikan kata, menggulung (scrolling) teks, memindahkan teks, mengkopi, menghapus dan mem-blok kata atau karakter.
  • Spreadsheet : VisiCalc merupaka spreadsheet paling awal yang dikembangkanoleh Frankston dan Bricklin (1977-1978), mahasiswa MIT dan Harvard, untuk komputer Apple II.
  • HyperText : ide dari hypertext (dokument dihubungkan dengan dokumen lain) merupakan pengembangan dari ide MEMEX yang diprakarsai oleh Vannevar Bush’s sejak tahun 1945. Nama hypertext di cetuskan oleh Ted Nelson pada tahun 1965.
  • Computer Aided Design (CAD) : CAD merupakan program bantu untuk para desainer. CAD dipresentasikan pada tahun 1963.
  • Video games : video games grafis pertama adalah SpaceWar yang di buat oleh Slug Russel pada tahun 1962. Games ini menggunakan komputer joystick pertama.


3. interaksi modern
  • pengenalan isyarat : sistem pengenalan isyarat pertama kali didemonstrasikan oleh Tom Ellis pada tahun 1964.
  • Multi-Media : proyek interaktive dokumen grafik yang dikembangkan dalam proyek FRESS pada tahun 1968 merupakan sistem hypermedia pertama dan menggunakan teks serta grafik raster (belum menggunakan video). Pada tahun 1982, BBN mengembangkan kombinasi informasi multimedia (teks, spreadsheet,grafik dan suara). Tahun 1983, film manual dari Architecture Machine (MIT) menjadi demonstrasi antara video dan komputer grafik yang pertama.
  • 3 D : sistem 3 D yang pertama adalah ”Timothy Johnson’s 3 D CAD”.
  • Bahasa alami dan percakapan : metode interaksi yang menggunakan bahasa penghubung yang biasa dipakai manusia. Untuk mengembangkan interface yang bisa mengakomodasi kebutuhan penggunanya, selain dari sisi peralatan (komputer) juga diperlukan pendekatan dari sisi manusianya. Ada banyak disiplin ilmu yang mendukung interaksi manusia dan komputer antara lain :

a. ilmu komputer
b. ekonomi
c. psikologi
d. seni dan desain
e. sosiologi
f. komunikasi
g. filsafat
h. bahasa
i. Kecerdasan buatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar