Rabu, 31 Oktober 2012

Membuat Animasi Circle i++

setelah membuka turbo C, ketiklah coding dibawah ini:


#include"graphics.h"
main()
{
int gd=0,gm;
int i,x,y;
initgraph(&gd,&gm,"");
x=getmaxx();
y=getmaxy();

for(i=200;i>=1;i--)
{
setcolor(BLUE);
circle(x/2,y/2,i);
delay(5);
}

for(i=150;i>=1;i--)
{
setcolor(YELLOW);
circle(x/2,y/2,i);
delay(5);
}

for(i=100;i>=1;i--)
{
setcolor(GREEN);
circle(x/2,y/2,i);
delay(5);
}

for(i=50;i>=1;i--)
{
setcolor(RED);
circle(x/2,y/2,i);
delay(5);
}
getche();
closegraph();
}

lalu jalankan program dengan menekan Ctrl+F9

hasilnya seperti ini




NB: untuk Delay ( nilai semakin kecil maka kecepatannya semakin cepat, dan sebaliknya jika nilai delay semakin besar maka kecepatan semakin lambat.)



Selasa, 30 Oktober 2012

MEMBUAT RUMAH DENGAN TC

      Minggu lalu dosen grafika komputer memberikan tugas untuk membuat rumah menggunakan TC(Turbo C)da yang digunakan untuk codingnya adalah menggunakan Rectangle, Line, Circle. sebelumnya kita bisa membuka software TC kemudian masukan kode yang dibawah ini.

#include"graphics.h"
void main()
{

int x,y;
int gd=0,gm;
initgraph(&gd,&gm,"");
x=getmaxx();
y=getmaxy();

setcolor(WHITE);
setfillstyle(1,WHITE);
rectangle(0,y,x,0);

setcolor(5);
setfillstyle(1,5);
line(240,60,160,180);
line(240,60,320,180);

setcolor(GREEN);
setfillstyle(1,GREEN);
line(160,180,560,180);
line(240,60,480,60);
line(480,60,560,180);
line(300,60,380,180);
line(360,60,440,180);
line(420,60,500,180);

setcolor(8);
setfillstyle(1,8);
rectangle(160,180,320,420);
rectangle(320,180,560,420);

setcolor(9);
setfillstyle(1,9);
rectangle(190,240,290,420);

setcolor(RED);
setfillstyle(1,RED);
rectangle(380,240,500,320);
rectangle(380,240,440,320);
rectangle(380,240,500,280);

setcolor(YELLOW);
setfillstyle(1,YELLOW);
circle(180/2,160/2,30);
floodfill(180/2+1,160/2+1,YELLOW);

setcolor(YELLOW);
setfillstyle(1,YELLOW);
line(150,20,115,55);
line(90,2,90,45);
line(35,15,65,55);
line(14,80,55,80);
line(125,80,165,80);
line(90,117,90,165);
line(64,110,35,155);
line(115,110,150,145);

setcolor(WHITE);
setfillstyle(1,WHITE);
circle(480/2,260/2,15);
floodfill(480/2+1,260/2+1,WHITE);

getch();
closegraph();
}


Dan hasilnya bisa dilihat dengan menekan Ctrl+F9 dari Keyboard ^_^


Senin, 29 Oktober 2012

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

SISTEM merupakan sekumpulan elemen-elemen yang saling berintegrasi serta melaksanakan fungsi masing-masing untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

karakteristik sistem:

  1. Komponen Sistem
  2. Batasan Sistem
  3. Lingkungan Luar Sistem
  4. Penghubun Sistem
  5. Masukan Sistem
  6. Keluaran Sistem
  7. Pengolahan Sistem
  8. Sasaran Sistem
Klasifikasi sistem:
  1. Sistem Abstrak
  2. Sistem Alamiah
  3. Sistem Tertentu
  4. Sistem Tertutup
INFORMASI adalah Data yang diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambila keputusan pada saat sekarang atau yang akan datang.
INFORMASI juga merupakan fakta-fakta atau data yang sudah di proses sedemikian rupa sehingga berubah menjadi informasi.

Kualitas Informasi:
  1. Akurat
  2. Tepat Waktu
  3. Relevan
Sistem Informasi merupakan suatu sistem didalam organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedure-prosedure dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur kombinasi yang penting.

Komponen Sistem Informasi:
  1. Perangkat Keras
  2. Perangkat Lunak
  3. Prosedure
  4. Orang
  5. Basis Data 
  6. Jaringan Komputer/Komdat
Stekeholder Sistem adalah orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang telah ada atau ditawarkan.

Stekeholder Sistem terdiri dari:
  1. Manager Proyek
  2. Analisis Sistem
  3. Pembagian Sistem
  4. Desainer Sistem
  5. Pengguna Sistem
  6. Pemilik Sistem
Elemen-elemen Sistem:
INPUT----PROSES----OUTPUT

Perancangan sistem meliputi Analisa, Desain, Implementasi, dan Pemeliharaan sistem yangg terdiri dari:
  1. Project coordinator
  2. system Analysis dan Desain
  3. Programmer
  4. Network Desaigner
  5. Teknisi
  6. Database administator
  7. Dokumenter
  8. Software Tester
  9. Graphic Desaigner

Senin, 08 Oktober 2012

MEMBUAT JAM DENGAN TC

sebelumnya buka software TC lalu masukan coding dibawah ini:

#include"graphics.h"
void main()
{
int x,y;
int gd=DETECT,gm;
initgraph(&gd,&gm,"");
x=getmaxx();
y=getmaxy();

setcolor(3);
setfillstyle(2,6);
circle(240,180,83);

setcolor(5);
setfillstyle(1,3);
circle(240,180,89);

setcolor(8);
settextstyle(1,0,2);
outtextxy(230,100,"12");
outtextxy(230,240,"6");
outtextxy(309,176,"3");
outtextxy(165,176,"9");
outtextxy(275,110,"1");
outtextxy(189,110,"11");
outtextxy(299,140,"2");
outtextxy(165,140,"10");
outtextxy(290,212,"4");
outtextxy(175,212,"8");
outtextxy(270,235,"5");
outtextxy(198,235,"7");

setcolor(9);
setfillstyle(1,9);
line(240,180,240,180);

setcolor(GREEN);
setfillstyle(2,GREEN);
line(240,180,290,212);

setcolor(YELLOW);
setfillstyle(3,YELLOW);
line(240,180,206,110);

setcolor(WHITE);
setfillstyle(3,WHITE);
line(240,180,200,175);

getch();
closegraph();
}


dan hasilnya seperti ini

SELAMAT MENCOBA^_^

Rabu, 03 Oktober 2012

Membuat Sepeda Sederhana TC

kali ini saya akan berbagi cara membuat sepeda sederhana untuk program bahasa C.

sebelumnya harus buka softwarenya terlebih dahulu, lalu masukan coding dibiwah ini:


#include"graphics.h"
void main()
{
int x,y;
int gd=0,gm;
initgraph(&gd,&gm,"");
x=getmaxx();
y=getmaxy();

setcolor(5);
setfillstyle(1,5);
rectangle(0,y,x,0);

circle(410/2,650/2,65);
circle(960/2,650/2,65);
circle(410/2,650/2,5);
circle(410/2,650/2,17);
circle(960/2,650/2,17);
circle(960/2,650/2,5);
circle(680/2,650/2,20);
circle(680/2,650/2,4);
circle(430/2,260/2,10);
circle(680/2,650/2,10);
line(223,125,250,125);
line(245,160,340,325);
line(400,160,340,325);
line(340,260,340,380);
line(205,325,260,85);
line(245,160,470,160);
line(235,65,285,105);
line(460,160,480,320);
line(320,260,360,260);
line(320,380,360,380);
rectangle(430,130,470,160);

getch();
closegraph();
}

dan hasilnya seperti ini: